Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Cara Mahasiswa Unnes Perpakaian Saat Di Kampus

Bagaimanakah cara mahasiswa berpakaian saat kuliah???

Mungkin kalian yang baru mau masuk kuliah masih bertanya-tanya, bagaimana sih cara mahasiswa berpenampilan saat mereka berangkat ke kampus. Dulu saya berfikir saat masih menjadi siswa di Sekolah  Menengah Atas, bahwa kehidupan menjadi seorang mahasiswa kita akan lebih bebas untuk bisa mengekspresikan diri kita, termasuk cara pernampilan ketika berangkat kuliah.

Ketika kita melihat sinetron, film televisi (FTV) rasanya jadi seorang mahasiswa adalah sesuatu yang menyenangkan, dengan pakaian yang super keren, ataupun kisah keseharian yang seru sekaligus penuh warna. Kalau kalian berfikir demikian bisa jadi kalian adalah korban sinetron. 

Pada kenyataannya menjadi seorang mahasiswa tidak sama seperti yang ada di sinetron yang kerjaannya rebutan pacar, makan dikantin, yang seolah - olah tidak disibukan dengan tugas kuliah. Tapi kalian tidak perlu khawatir kalau jadi seorang mahasiswa kalian akan merasakan banyak keseruan, walaupun tidak sama seperti yang ada di sinetron.

Kembali ke pembahasan topik bagaimana cara mahasiswa berpenampilan saat sedang mengikuti kelas atau sedang berada di lingkungan kampus. Pada dasarnya walaupun kita dibebaskan untuk berpenampilan, tapi bukan berarti kalian bebas dapat memakai pakaian apa saja saat berangkat kuliah. Ketika kita masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas atau SMA, kita diwajibkan untuk memakai seragam OSIS, seragam pramuka saat hari jumat dan sabtu, baju olahraga saat mengikuti kegiatan olahraga ataupun seragam batik dihari tertentu sesuai dengan aturan yang berlaku di setiap masing - masing sekolah.

Di Universitas walaupun aturannya lebih fleksibel namun tetap mempunyai aturan tersendiri untuk mengatur cara perpenampilan seorang mahasiswa. Sebagai contoh tempat saya berkuliah, di Universitas Negeri Semarang yang memiliki aturan dalam berpakaian.

Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 35 Tahun 2017 Tentang Pakaian Seragam Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Negeri Semarang.

Pada pasal 3 memberlakukan ketentuan berpakaian kepada para mahasiswa. Pada hari senin dan selasa memakai baju berwarna putih dan celana hitam panjang untuk laki-laki dan rok hitam panjang untuk perempuan.


Kamis baju batik Indonesia/lurik, selain hari itu memakai baju bebas. Pada pasal 4 ayat 1 menerangkan bahwa ketentuan berpakaian sebagaimana dimaksud pada pasal 3, berlaku bagi mahasiswa baru pada tahun pertama perkuliahan. Kemudian pada pasal 4 ayat 2 ketentuan berpakaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku mahasiswa angkatan sebelumnya.
Untuk penjelasan lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut:


SNMPTN UNNES 2021
ATURAN BERPAKAIAN MAHASISWA UNNES

SNMPT UNNES 2021
ATURAN SERAGAM UNNES


Hal tersebut merupakan peraturan cara berpakaian dari mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang yang berlaku  mulai tahun 2017. Pengalaman saya waktu berkuliah dulu peraturan ini belum diberlakukan karena saya angkatan ditahun sebelumnya, jadi belum ada aturan ini. Namun dulu waktu kuliah dari Fakultas tempat saya menimba ilmu yaitu Fakultas Ekonomi memberlakukan peraturan untuk setiap hari Senin memakai atasan Putih dan bawahan Hitam. 

Serta dihari kamis diwajibkan untuk memakai batik, itu dari Fakultas Ekonomi. Untuk Fakultas lain sepertinya Fakultas Ilmu Sosial juga memberlakukan peraturan yang sama. Untuk Fakultas lain sepertinya saat angakatan saya, tidak memberlakun peraturan hitam putih dalam berpakaian yang terpenting adalah rapi dan sopan, kecuali jurusan PGSD mungkin ada aturan tersendiri ďalam berpakaian.

Kalau kalian adalah mahasiswa baru yang berasal dari Universitas Negeri Semarang di tahun 2020 berarti aturan tersebut berlaku untuk kalian ya, karena aturan tersebut berlaku mulai tahun 2017. Namun saya tidak tahu pasti apakah aturan tersebut berlaku disemua Fakultas atau tidak, yang pasti aturan dalam cara perpakaian biasanya akan disampaikan pada saat kalian mengikuti Progam Pengenalan Akademik (PPA) atau ospek di Fakultas masing - masing. Jadi untuk info jelasnya kalian bisa bertanya saat PPA.

Tapi hal yang penting yang harus kalian ketahui bahwa saat kuliah dilarang untuk mengenakan kaos, boleh memakai kaos tapi yang berkerah. Terus boleh gak sih memakai celana jeans? Jawabannya tidak ada larangan untuk memakai celana jeans (kecuali jurusan PGSD). Untuk jurusan keolahragaan tentunya ada seragam tersendiri saat mengikuti kegiatan belajar di lapangan, dan jurusan yang ada praktikum di laboratoriun juga ada baju tersendiri saat praktik di laboratorium.

Disini saya akan menuliskan beberapa tips yang kalian simak dalam berpakaian saat berada di kampus. Berikut adalah tips yang bisa kalian perhatikan, yuk disimak:

1. Nyaman

Memakai pakaian tidak haruslah mahal, yang terpenting adalah nyaman saat dipakai. Gunakanlah pakaian yang menurut kamu nyaman agar setiap aktifitas selama kamu berada dikampus tetap nyaman dan tidak mengganggu setiap kegiatan kalian semua.

2. Rapi bersih

Rapi dan bersih, jangan sampai pakaian kalian lecek dan tidak enak dipandang. Pakaian bersih juga penting, gak mau kan saat kalian lagi belajar dalam kelas, terganggu karena  pakaian yang kalian pakai tidak bersih.

3. Gunakan aksesoris sewajarnya

Jangan terlalu berlebihan dalam mengenakan aksesoris saat berada dikampus, bedakan saat kalian sedang main dan saat kalian sedang belajar. Untuk make up pun sewajarnya saja, karena kalian lagi sedang belajar bukan lagi kondangan so, jangan lebay. Untuk cowok boleh pakai topi, tapi saat didalam kelas sebaiknya harus dilepas. Aksesoris cukup pakai jam tangan sebenarnya sudah cukup, itu penting kalau misalnya bapak ibu dosen telah melebihi waktu sks mata kuliah, kalian bisa mengingatkan kalau jamnya sudah habis, so pakailah jam tangan. Dan satu lagi jangan pakai perhiasan yang berlebihan, karena kalian tidak sedang arisan bareng ibu - ibu sosialita ya.

4. Sopan 

Bedakan antara baju saat kalian nongkrong dengan baju saat kalian di kelas, jelas berbeda. Pakai pakaian yang sopan tapi kalian tetap bisa tampil trendy.

5. Bersepatu

Jangan sampai kalian pakai sandal saat sedang berada di kampus, kecuali malam hari saat wifian atau belajar kelompok, ataupun hari libur, kalian bisa pakai sendal. Namun jangan sampai kalian memakai sendal saat kegiatan belajar, ataupun kegiatan akademik lainnya, bisa - bisa nanti diusir disuruh balik ambil sepatu.

Begitulah cara bagaimana seorang mahasiswa berpakaian ketika memasuki lingkungan kampus. Jika ada sebuah aturan lain yang berlaku lebih jelasnya bisa kalian tanyakan saat mengikuti ospek. Setiap Universitas bisa berbeda aturannya, yang jelas jika ada sebuah aturan demi kebaikan kalian harus mematuhinya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Aturan Cara Mahasiswa Unnes Perpakaian Saat Di Kampus"