Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Kuliah Untuk Para Mahasiswa Baru

Senangnya sekarang statusnya sudah jadi mahasiswa, itu artinya kalian sudah melepas seragam putih abu-abu dan diganti dengan status baru sebagai seorang mahasiswa. Tapi sudahkah kalian siap untuk menghadapi dunia perkuliahan dengan segala macam kegiatan sebagai seorang mahasiswa. 

Jangan sampai kalian menjadi mahasiswa yang biasa saja, tanpa mempersiapkan segala macam rencana dan berbagai kebutuhan sebagai seorang mahasiswa. Sebenarnya apa sih yang membedakana menjadi seorang yang berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar Sekolah Menengah Atas? 

Jika kalian tertarik simaklah ulasan berikut, jika tidak tertarik silahkan kalian tutup postingan ini dan jadilah mahasiswa yang biasa aja karena kalian tidak mau mempersiapkan rencana apa saja yang akan kalian siapkan menjadi seorang mahasiswa. 

Kartun mahasiswa

Lugu dan polos mungkin itu salah satu hal yang bisa digambarkan kepada kalian mahasiswa baru, jiwa - jiwa anak putih abu - abu masih terasa dan melekat pada diri kalian wahai mahasiswa baru. Ketika seorang menjadi mahasiswa baru, banyak diantara kalian masih menjadi pribadi yang pemalu dan sedikit penakut, eits tapi kalian tidak usah khawatir karena hal tersebut adalah sesuatu yang wajar yang hampir di alami oleh seorang mahasiswa baru. Hal tersebut adalah sebuah bentuk adaptasi diri, terhadap lingkungan yang baru kalian rasakan.

Dulu ketika saya menjadi mahasiswa baru juga merasakan hal yang sama seperti kalian. Ketika pertama kali kita memasuki dunia kampus kita akan dihadapkan banyak aktifitas serangkaian kegiatan pengenakan progam - progam yang ada dikampus, jadi kalian tidak usah kaget kalau bakalan banyak aktifitas yang dilakukan. Perbedaan menjadi mahaiswa dan pelajar Sekolah Menengah Atas jelas berbeda. Dari sistem pembelajaran, sistem jam pelajaran aturannya pun berbeda, silahkan nanti kalian bisa merasakanya sendiri

Menjadi mahasiswa baru merupakan titik awal untuk merancang mau dibawa kemana diri kalian saat menjadi seorang mahasiswa selama 4 tahun kedepan. Permulaan di mulai dari saat kalian pertama kalinya menginjakan kaki di Universitas masing - masing.
Berikut adalah hal - hal yang harus kalian persiapkan saat sebelum masuk kuliah.

1. Print Jadwal Kuliah

Mengetahui jadwal kuliah hal yang sangat penting, jangan sampai di minggu - minggu pertama masuk kelas, kalian melewatkannya atau absen karena tidak tahu jadwal kuliahnya. Minggu pertama kuliah biasanya memang belum aktif untuk memulai kegiatan belajar mengajar, namun pertemuan tatap muka pertama biasanya akan dijelaskan mengenai kontrak perkuliahan, gambaran satu semester kedepan saat mengikuti kelasa dosen yang mengajar, serta aturan dari kelas yang kalian ikuti karena setiap dosen punya aturan - aturan tersendiri saat mengajar. Jangan sampai kalian meninggalkan atau absen di hari minggu pertama masuk kelas. So, mengetahui jadwal kuliah itu penting agar tidak lupa silahkan print jadwal kuliah kalian masing - masing dan ditempel di dinding kamar.

2. Survey Ruangan

Pengalaman saya waktu pertama kali kuliah sempat kesasar karena banyaknya ruang kelas yang ada. Hal tersebut membuat saya telat masuk kelas di hari pertama masuk kuliah. Daripada kalian semua mengalami kejadian yang sama seperti saya, alangkah baiknya melakukan survey ruangan terlebih dahulu agar tidak salah masuk kelas, karena kalau salah masuk kelas nanti bakalan malu dong. Berangkat lebih awal dari jam kelas juga bisa jadi solusi untuk memastikan kalau kelas yang kalian masuki benar kelas dari mata kuliah yang kalian ambil.

3. Persiapkan keperluan kuliah

Apa saja sih yang dibawa saat kuliah? Tidak banyak kok yang kalian harus bawa. Dihari pertama kuliah kalian cukup membawa buku catatan dan alat tulis. Hal tersebut jangan sampai kelupaan. Untuk mencatat hal - hal yang penting saak kontrak perkuliahan. Jangan lupa juga persiapkan hal yang lain secara baik seperti menyetrika baju yang bakalan dipakai. Persiapkan itu semua pada malam harinya agar kalian tidak tergesa - gesa saat mau berangkat ke kampus.

4. Buat perencanaan

Kira - kira apa sih tujuan kalian kuliah? Harus kalian tanyakan pada diri sendiri hal tersebut. Selama satu semester, satu tahun pertama, atau selama empat tahun kalian menjalankan masa perkuliahaan hal apa saja yang akan dilakukan. Buat tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ketika merencanakan untuk cumlaude hal apa saja yang harus kalian lakukan. Atapun perencanaan lain semisal harus ikut kompetis menulis, aktif ikut organisasi apa saja. Hal - hal tersebut perlu direncanakan dan buatlah target tujuan apa saja, yang bakal dicapai selama kuliah. Semua perencanaan mengenai tujuan - tujuan kalian, dalam dunia perkuliahan memang bagusnya dirancang saat semester awal, dan perlu dirancang secara matang, agar tujuan hidup selama kuliah dapat terwujud. Kalian bisa sharing hal ini dengan kakak tingkat yang bisa diajak untuk berbagi pengalaman.

5. Perbanyak link dan koneksi

Perbanyaklah link dan koneksi kalian ketika menjadi mahasiswa baru. Kalian adalah mahasiswa baru yang notabene belum banyak tahu tentang kehidupan kuliah. Carilah mentor bisa dari kakak senior yang kalian anggap mampu memberi banyak ilmu serta informasi. Jangan lupa dari dosen juga bisa atau wali kelas yang bisa membimbing kalian agar segala cita - cita tujuan selama kuliah tercapai. 

Saat menjadi mahasiswa baru inilah moment yang tepat untuk para mahasiswa baru untuk merancang segala cita - cita dan tujuannya. Jangan sampai kalian tidak punya rencana, sehingga nantinya kuliah asal kuliah tanpa ada sebuah tujuan yang jelas. Persiapkanlah secara matang agar menjadi generasi yang unggul dan siap menyongsong masa depan.

Post a Comment for "Persiapan Kuliah Untuk Para Mahasiswa Baru"