Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Lolos Progam Kartu Prakerja



Halo sobat milenials, kali ini kita membahas mengenai salah satu progam pemerintah yang saat ini banyak diperbincangkan oleh khalayak ramai yaitu progam kartu prakerja. Kartu Prakerja adalah progam pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Progam Kartu Prakerja awalnya ditunjukan untuk para pencari kerja, fresh graduatesatau korban PHK, buruh karyawan dan pegawai yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan ketrampilan, namun karena adanya wabah pandemic virus corona, Kartu Prakerja akan diprioritaskan bagi pencari kerja, korban dirumahkan atau ter-PHK  maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak penghidupannya. 

Kartu Prakerja ini direncanakan sebanyak 30 gelombang dimulai pada bulan April dengan total penerima Prakerja kurang lebih 5,6 juta. 

Sebelumnya Progam Kartu Prakerja ini akan direncanakan memberikan pelatihan secara langsung maupun daring namun karena wabah corona dimana pemerintah menganjurkan untuk tetap dirumah, pelatihan akan dilakukan secara dari melalui beberapa mitra penyedia jasa pelatihan. Para penerima Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos akan memilih pelatihan yang sesuai minat yang mereka inginkan dengan biaya pelatihan yang diberikan adalah 1 juta. Para penerima Kartu Prakerja harus menggunakan saldo pelatihan minimal 1 kali pelatihan selama 1 bulan semenjak saldo diberikan jika saldo akan hangus dan dikembalikan ke kas negara.

Kartun inspirasi

Pendaftar progam Kartu Prakerja ini sangatlah banyak bahkan sampai gelombang 3 pun banyak yang belum lolos. Kali ini saya akan membagikan usaha usaha yang dapat kalian lakukan, untuk bisa lolos namun kita juga masih belum tahu pasti patokan lolos Prakerja seperti apa tapi setidaknya kita lakukan apa yang bisa dilakukan. Ini adalah pengalaman pribadi saya yang dulu gagal di gelombang 1 kemudian lolos digelombang 2. Selagi lagi ini adalah usaha yang saya lakukan berdasarkan info info yang saya dapatkan.

Syarat progam Prakerja ini sendiri adalah berusia 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal jadi untuk yang masih sekolah atau sedang berkuliah tidak boleh mendaftar ya!!!
Pada saat mendaftar kartu prakerja kita akan diberikan beberapa soal tes motivasi dan kemampuan dasar, usahakanlah menjawab dengan cepat dan tepat serta konsisten karena soal soal yang kita kerjakan mungkin bisa jadi patokan kelolosan. Kemudian saat kita mendaftar juga disuruh untuk mengupload foto KTP dan swafoto. Upload lah foto yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan dari segi ukuran maupun aturan pengambilan foto. 

Foto yang sudah kita upload tidak bisa diganti ya sobat jadi pastikan apa yang kalian upload itu sesuai. Jika kalian sudah merasa melakukan semua itu masih gagal bisa jadi memang kuota pada saat mendaftar digelombang tersebut untuk propinsi kalian telah penuh karena setiap propinsi kuotanya itu beda beda.

Dari pengalaman saya waktu gelombang 1 yang gagal padahal saya merasa telah memenuhi persyaratan yang ada pada saat itu saya mencoba menelaah kartu prakerja ini mendapatkan data untuk memutuskan kelolosan dari mana alhasil ada kabar bisa jadi data data yang digunakan bisa jadi dari kemnaker yaitu kementrian yang membidangi ketenagakerjaan. Setelah saya mencari informasi bisa jadi salah satu faktor kelolosan adalah bagi mereka yang mendaftarkan data dirinya kepihak kemnaker sebagai mereka yang sedang mencari pekerjaan. 

Saya menemukan sebuah phamlet jauh sebelum progam ini digulirkan bahwa progam ini diperuntukan untuk mereka pencari kerja yang mereka memiliki kartu kuning atau AK1 dengan mendaftarkan dirinya di website Kemenaker. Mungkin bisa jadi pihak prakerja juga menghimpun data dari Kemenaker.

Oleh karena itu pada saat pendaftran gelombang ke 2 saya juga mendaftar kartu AK1 di website https://kemnaker.go.id/ 

Di website tersebut sobat milenials akan mengisi data diri seperti biodata pribadi, pendidikan dan lain lain. Setelah kita mendaftarkan diri berarti data kita sudah masuk di Kemenaker sebagai pencari kerja.

Dan, tara saat pengumuman gelombang 2 pun tiba alhamdulillah saya lolos sebagai penerima kartu Prakerja dan sudah mengikuti pelatihan di salah satu mitra Prakerja.
Begitulah pengalaman saya mendaftar Kartu Prakerja, itu adalah usaha saya untuk lolos. Mungkin sobat milenials bisa menyobanya dan semoga bisa lolos ya sebagai penerima Kartu Prakerja.


Post a Comment for "Tips Lolos Progam Kartu Prakerja"