Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motivasi Untuk Mahasiswa Baru Yang Merasa Tidak Pintar Saat SMA, Agar Tidak Rugi

Bukan murid pintar saat SMA Apakah bisa berprestasi saat kuliah
Aku bukan murid pintar saat SMA bisa gak ya, aku berprestasi saat kuliah? Bisa gak ya aku seperti temenku yang pintar saat SMA? Bisa gak sih aku mengikuti perkuliahan dengan baik?

Hai kamu yang lagi pusing mempersiapakan diri untuk masuk ke perguruan tinggi, simak tulisan ini agar kamu lebih nyakin gak ada orang yang tidak pintar dunia ini, yang ada hanya orang malas dan orang rajin yang berbeda usaha dalam melakukan sesuatu hal.


Kartun motivasi

Kamu yang masih bertanya - tanya apakah bisa atau tidak untuk berprestasi saat kuliah walaupun dulunya kamu adalah murid yang biasa saja, saat masih duduk dibangku kuliah, berarti kamu tergolong orang yang visioner. Kamu orang yang memikirkan apa yang akan terjadi pada dirimu di waktu yang akan datang. Satu langkah yang  bagus untuk orang yang visioner adalah kalian seorang perencana yang ulung. Namun apakah kalian akan bangkit dari rencana kalian atau tidak itu bergantung diri kalian. Saatnya orang yang sepertimu menyadari bahwasanya, dirimu memiki jutaan potensi untuk berkembang.

Kalau kalian merasa dulunya adalah murid yang tidak sepintar teman kalian, kalau kamu merasa  biasa aja, kalau kamu yang memang merasa tidak punya kemampuan seperti para temanmu yang juara kelas. Saat ini segera berubahlah dan tanamkan pada diri kalian kalau kamu ada pribadi yang baru yang akan berubah menjadi lebih dan lebih. 

Pintar itu apa sih? Apakah dengan kita mendapatkan nilai ulangan 100 kita udah jadi orang pintar. Terus bagaimana jika hasil nilai 100 itu adalah hasil menyontek, apakah masih di katakan pintar? 

Mulai saat ini berubahlah menjadi orang yang tidak percaya diri pada diri kamu sendiri. Karena sejatinya semua orang bisa melakukan sesuatu yang bisa dilakukan oleh orang, tapi mungkin dia tidak tahu caranya. Kalau kalian masih minder juga berikut adalah cara yang kalian lakukan agar kalian sadar kalau di dunia ini tidak ada orang yang tidak pintar. 

1. Tanamkan rasa percaya diri

Menanamkan rasa percaya diri terhadap diri sendiri itu penting. Kalau kalian saja tidak percaya sama diri sendiri, bagaimana kalian mau maju. Ingat kalian hidup bukan untuk masa lalu. Mungkin kamu punya masa lalu yang tergolong murid yang biasa saja, bahkan sering melakukan kesalahan, pemalas. Jadikanlah semua itu adalah pembelajaran, bisa loh kesalahan atau kekuranganmu dulu kamu tulis, dianalisis dan berjanjilah pada diri sendiri kalau aku yang dulu bukanlah yang sekarang.

2. Ubah kebiasaan buruk

Kalau dulunya kamu punya kebiasaan yang buruk seperti suka menunda tugas sekolah mulailah saat kuliah agar lebih rajin dan tidak menyia - nyiakan waktu. 
Jika dulu waktu SMA sering telat masuk sekolah, mulai sekarang harus lebih bisa menghargai waktu. Disiplin itu penting, kunci kalian untuk bisa sukses meraih prestasi saat kuliah adalah dengan tepat waktu dalam segala hal. Kuncinya buat jadwal harian agar aktivitas lebih bisa di kontrol.

3. Berani

Banyak lho yang dulunya waktu SMA biasa saja, tapi saat kuliah bisa menjadi mahasiswa paling pintar di kelas dan bisa berprestasi. Kuncinya adalah berani, asal kalian tahu semua mahasiswa itu pintar, namun tak banyak diantara mereka yang berani beragumen atau mengeluarkan pendapat hebatnya saat dikelas. Alhasil mereka kurang dilirik. Dosen itu, tidak akan bisa menghafal satu persatu mahasiswa yang di ajarnya karena jumlah yang banyak. Bisanya mahasiswa yang di hapal adalah mahasiswa yang aktif. Ketika kalian aktif dan berani akan lebih mudah di ingat. Salah satu penilaian dari kuliah adalah  berani mengeluarkan pendapat. Jadi mualailah saat ini jadi orang yang lebih berani.

4. Rencana itu penting

Rencanakanlah hal apa saja yang akan kalian lakukan. Dulu mungkin waktu SMA kalian menjalani segala sesuatu tanpa ada rencana. Mulai saat ini buatlah rencana kalian mau  ngapain apa saja. Semisal kalian sudah mendapatkan pelajaran saat kuliah. Ulaslah materinya pelajari lagi. Sebelum memulai kelas usahakanlan malamnya belajar terlebih dahulu. Buat rencana selama kuliah mau melakukan apa saja. Aktif di organisasi apa saja. Penting banget melakukan sesuatu disertai target.

5. Usaha ekstra

Tidak ada lho orang yang berhasil tan dilalui dengan usaha yang ekstra. Jika temenmu usahnya 10 kamu harus bisa lebih dari dia. Kesempatan masih sangat terbula lebar untuk mahasiswa baru yang baru memulai. Jadi analis untuk diri sendiri, kalian bisa melihat kakak senior kalian yang berprestasi saat kuliah hal apa saja sih yang dia lakukan. Usaha apa saja yang dia kerjakan. Setelah kalian tahu lakukan hal yang lebih dari dia. Dengan begitu kalian bisa merubah diri kalian untuk menjadi lebih baik dari ketika kalian kuliah.

Tidak ada sesuatu yang mudah, semua butuh usaha. Jika kalian ingin mendapatkan ip cumlaude tentunya cari cara untuk mencapai kesitu. Jika ingin jadi berprestasi lakukan langkah - langkah untuk meraihnya. Hal yang terpenting adalah kalau menyakinkan dan memotivasi diri kalau kita bisa meraih apa yang kita ingin gapai. 

Tekankan pada diri sendiri bahwa pintar itu perlu usaha, terus motavasi diri kalau kamu akan lebih baik dari dirimu saat duduk di SMA dulu. Selalulah semangat dan antusias dalam menjalani setiap aktifitas dan hidup kalian, jika kalian berhasil kalian sendirilah yang merasakan hasilnya dan dapat membuat orang tua bangga adalah sebuah tujuan utama.

Post a Comment for "Motivasi Untuk Mahasiswa Baru Yang Merasa Tidak Pintar Saat SMA, Agar Tidak Rugi"