Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Tetap Awet Tidak Cepat Habis


Bagaimanakah cara menjaga baterai hp agar awet?


Kartun mager

Hp adalah benda yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dari bangun tidur dan sebelum tidur tidak pernah terlepaskan dari genggaman. Bahkan benda pertama yang kita cari saat kita bangun tidur si kotak persegi panjang ini. Namun banyak diantara kita tidak merawat benda ini agar bisa bertahan lama. Salah satu komponen hp yang sangat penting adalah baterai. Pentingnya merawat baterai android agar tidak cepat habis dan awet berumur panjang serta tidak mudah melembung.
Buat kalian yang ingin agar baterai tahan lama dan tidak cepat rusak. Berikut ini cara untuk mecharger hp kamu agar baterai berumur panjang dan tidak cepat habis.


1. Matikan Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Apakah hp harus dimatikan saat di charge?
Saat mengisi hp lebih baik matikan ponselmu agar proses pengisian daya berjalan dengan baik. Agar baterainya cepat terisi dan tidak mudah panas matikan ponsel mu saat sedang ngecas. Dengan cara ini baterai ponsel mu juga akan tetap awet umurnya dan tidak mudah drop. Apalagi memainkan hp saat di charger hal tersebut akan membuat hp kamu cepet rusak. 


2. Menggunakan Charger Original

Perlu di perhatikan charger yang kamu pakai saat mengisi daya sangatlah penting. Gunakanlah charger bawaan dari hp mu. Jangan sembarangan menggunakan charger handphone. Pernahkah kalian saat lupa membawa charger dan saat itu meminjam charger ke teman kalian dan disaat itu daya nya sangat lama terisi. Perhatikan saat menggunak charger, lebih baik gunakan charger bawaan dari hp karena charger bawaan sudah diatur sedemikian rupa agar dapat mengisi baterai dengan baik. So, perhatikan kualitas charger yang digunakan.


3. Minimalisir Penggunaan Power Bank

Jika tidak dalam keadaan terdesak jangan sering menggunakan power bank saat sedang mengisi daya. Power bank hanya di gunakan saat kita menemukan colokan. Kalau tidak terpaksa banget, minimalisir penggunaan power bank saat mengisi baterai hp. Mengisi daya baterai menggunakan power bank  secara terus menerus akan membuat kualitas baterai hp menurun apalagi menggunakan power bank dengan kualitas yang buruk.


4. Mengisi Daya Sebelum Baterai Habis

Kapan waktu yang tepat untuk charge hp?
Pernahkah kalian mengalami kejadian saat baterai ponsel bener - bener habis dan membutuhkan waktu yang lama mengisi bahkan tidak bisa hidup saat di cas. Mungkin sebagian kalian pernah mengalami saat hp di cas tapi tidak hidup dan membutuhkan waktu lama untuk bisa on lagi. Saat itulah baterai ponsel mu bener - bener habis, bisa jadi angkanya dibawah 0% jadi susah untuk hidup. Jangan sering mengisi daya saat bateri bener - bener habis. Saat 30% usahakan langsung mengisi daya agar kualitas baterai tetap baik.


5. Gunakan Baterai Original

Bagaimana cara baterai hp agar tidak cepat habis?
Pernahkah kalian mengalami baterai hp cepat habis saat baru digunakan bisa jadi penyebabnya adalah baterai hp sudah tidak sehat atau baterai android yang digunakan bukan baterai yang original.
Untuk menjaga ponsel yang kalian miliki tetap dalam kondisi baik dan awet gunakan baterai yang asli dari merk hp yang sama. Jika misal baterai kalian memang harus di ganti karena nge drop. Segera ganti baterai dengan baterai original, kalian bisa datang gerai dari merk hp yang kalian pakai. Jangan gunakan baterai abal - abal bisa membuat ponsel jadi rusak, dan lama dalam proses pengisian daya.


6. Hindari Mengisi Daya Menggunakan USB Laptop / PC

Mengisi daya menggunakan USB laptop hanya akan membuat proses pengisian menjadi sangat lama. Bukannya terisi malah bisa jadi berkurang. Jika terlalu lama hp di cas maka akan panas dan itu tidak bagus untuk baterai dan komponen handphone. Cas hp langsung ke sumber colokan listrik agar baterai awet dan cepat terisi. 


7. Jangan Charge HP Smpai Semalaman

Bagaimana cara baterai hp tidak melembung?
Agar baterai hp android tidak melembung jangan pernah mengecasnya semalaman suntuk. Apalagi kalian mengecasnya sampai pagi. Hp yang di charge dan dibiarkan tetap diisi dayanya walaupun udah penuh akan membuat baterai android tidak sehat dan cepat melembung. Jangan lakukan kebiasaan ini jika kalian tidak mau baterai android jadi cepat rusak. Bahkan ada yang mengatakan mengisi daya yang baik adalah saat 80% langsung di cabut chargernya. 
Begitulah cara agar baterai hp awet.
Mulai saat ini jaga ponsel kalian agar tetap awet dan berumur panjang salah satunya dengan cara me charge hp yang benar. Lakukan kebiasaan tersebut agar hp yang kalian miliki dapat di gunakan untuk jangka panjang.




Post a Comment for "Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Tetap Awet Tidak Cepat Habis"