Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Sukses Menghadapi Presentasi di Depan Kelas

Bagaimana cara presentasi yang baik di depan kelas?

Presentasi adalah salah satu aktifitas yang sering dialami mahasiswa dalam kegiatan mahasiswa. Biasanya dosen akan memberikan tugas kepada para mahasiswanya yang selanjutnya disuruh untuk melakukan presentasi di depan kelas. Presentasi biasanya dilakukan secara berkelompok ataupun sendiri. Walaupun hal ini sering dilakukan, namun seringkali kita tetap dihadapkan pada perasaan gugup dan buyar saat melakukan presentasi di dalam kelas. Hampir semua orang pernah merasakan perasaan gugup, hingga akhirnya materi yang sudah dipelajari jadi buyar. Untuk itu kita harus belajar bagaimana cara presentasi yang baik di depan kelas.



Kartun presentasi


Jangan pernah menganggap kegiatan presentasi adalah sebuah kegiatan yang kurang penting ya, kalian harus mempersiapkan presentasi dengan baik. Kegiatan presentasi dalam kelas bisa menjadi bekal nantinya kalian setelah lulus, karena kegiatan presentasi adalah sebuah cara untuk belajar lebih berani saat berada di forum publik, cara agar melatih public speaking dan banyak manfaat lainnya yang kalian dapatkan dari kegiatan presentasi di dalam kelas. Jadi manfaatkanlah kegiatan presentasi di dalam kelas sebagai cara untuk meningkatkan skill berbicara kalian di didepan umum.

Banyak diantara kita yang merasa gugup saat berbicara didepan kelas. Padahal yang kita hadapi biasanya hanya teman - teman kita, yang setiap hari hampir kita jumpai. Kenapa hal itu bisa terjadi, bisa jadi adanya rasa ketakutan kalau kita salah tidak bisa menjelaskan apa yang kita sampaikan, ataupun ada rasa tidak percaya diri dalam diri kita, sehingga presentasi di depan kelas menjadi tidak maksimal. Untuk itu kalian bisa mengikuti tips berikut agar tampil dengan baik saat presentasi di depan kelas. 
Berikut adalah tips menghadapi presentasi di depan kelas.


1. Buat media presentasi yang menarik

Buatlah media presentasi yang menarik mulai dari tampilan ppt untuk presentasi yang semenarik mungkin. Anda bisa menyisipkan video seputar materi yang di jelaskan ataupun media yang releven dengan materi yang di bahas. Dengan begitu audiens tidak bosen saat proses anda menjelaskan materi.

2. Latihan didepan cermin

Latihan itu penting, cobalah berlatih berbicara di depan cermin beberapa hari sebelum presentasi. Lihatlah dirimu seolah - olah sedang berada di depan banyak orang dan banyangkan, kalau semua orang sedang mendengarkanmu dan kamu adalah orang yang di percaya untuk memberikan ilmu pada saat itu. Latihan di depan cermin adalah salah satu cara agar kita lebih bisa berani menatap audiens yang sedang melih kita.

3. Perhatikan penampilan

Saat presentasi jangan lupa untuk memperhatikan penampilan, kenakan pakaian yang nyaman dan membuat kamu lebih percaya diri.

4. Kuasai materi

Jangan sampai saat kita saat presentasi tidak menguasai materi yang akan di bahas. Mungkin kalian berfikir "ah cuma seperti ini materi palingan gue bisa kuasai". Hai, jangan sampai ada yang seperti ini, kalau kalian sudah mengetahui materi yang akan kalian presentasikan, lebih baik perdalam materinya. Cari sumber - sumber lain yang releven dengan materi kalian. Ingat juga jangan cari materi waktu mendekati presentasi. Carilah sumber materi, sebelum hari presentasi dilaksanakan. Semakin kalian mencari banyak sumber materi, maka semakin banyak hal yang dapat kalian sampaikan.

5. Buat catatan kecil

Buatlah catatan penting mengenai apa saja yang akan kalian sampaikan agar kalian tidak lupa. Ingat ya ini adalah catata kecil, jadi poin-poin saja. Jangan biasakan membaca saat presentasi. Catatan kecil gunanya ada sebagai pengingat hal apa saja yang akan disampaikan, bukan hal apa yang akan dibaca. Jadi, jangan biasakan membaca saat presentasi, tapi sampaikanlah apa yang sudah kalian pelajari sebelumnya.

6. Senam wajah dan atur emosi

Untuk menghilangkan rasa gugup, kalian bisa melakukan senam wajah sebelum melakukan presentasi. Menggerak-gerakan wajah kalian, atur nafas biar tetap tenang. Rasa gugup sering kali membuat buyar dan tidak fokus. Jika hal tersebut terjadi materi yang sudah kita pelajari tidak dapat tersampaikan dengan. Berusahalah tetap tenang dan rileks. Atur emosi agar tetap stabil jangan grusa - grusu tetap tenang dan kuasai emosi anda.

7. Interaksi dengan audiens

Saat presentasi di depan berinteraksilah dengan orang - orang yang ada di depan. Ajak mereka berinteraksi, jangan sampai menganggurkan mereka. Ajaklah mereka berbicara, dengan cara ini kalian akan lebih rileks. Saat presentasi usahakan jangan hanya disatu spot tertentu, berjalanlah hampiri audiens. Gunakan gerakan tangan tapi jangan berlebihan. Hal tersebut bisa membuat kalian lebih rileks dan mengurangi rasa gugup.
Begitulah cara presentasi yang baik semoga presentasi kalian dapat berjalan dengan lancar ya. Jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar agar semakin mahir berbicara di depan umum, ingat ya bisa karena terbiasa.

Post a Comment for "7 Tips Sukses Menghadapi Presentasi di Depan Kelas"